Senin, 28 September 2009

Perjalanan ke dalam . . .


Pepatah Tiongkok Kuno mengatakan perjalanan ribuan mil dimulai dari satu langkah. Saya ingin mengajak Anda untuk melakukan perjalanan awal ke dalam diri sendiri. Sebuah perjalanan untuk mengenali diri Anda yang sejati. Anda mungkin pernah mendengar atau mengatakan mencari jati diri. Benar, ini maksud saya !


Bila Anda menuju suatu tujuan dengan mengemudikan kendaraan, apa yang Anda butuhkan ? Tentunya kemampuan mengemudikan kendaraan dengan baik dan benar, bukan ? Sementara Anda baru menyadari perlunya mengenal dengan baik kendaraan yang Anda kemudikan, sesaat Anda membayangkan kendaraan itu adalah Anda sendiri.


Anda adalah pengemudi diri Anda sendiri menuju tujuan yang Anda. Dengan demikian selain Anda memiliki kemampuan ‘mengemudikan’ diri Anda dengan baik dan benar , juga perlu mengenali diri Anda.


Anda dapat mengawali langkah dengan mengenali diri Anda sebagai sistem yang terdiri dari 4 (empat ) subsistem mayor yaitu tubuh, pikiran, hati dan jiwa. Sudah seberapa jauh perjalanan Anda mengenal dan memahami tubuh, pikiran, hati dan jiwa ?

2 komentar:

  1. Luar biasa mas...
    makasih semoga Allah memberikan segala ilmunya untuk dituangkan pada blog ini....

    BalasHapus
  2. Makasih Mas Jay... atas doanya, semoga membawa manfaat bagi sahabat pembaca !

    BalasHapus