Rabu, 29 Desember 2010

Sehat itu Murah, Sakit itu Mahal !

“Lakukan apa saja yang Anda bisa untuk menjaga, melindungi, dan mempertahankan pikiran serta tubuh Anda.”
Napoleon Hill

“Makanlah sedikit jika ingin makan banyak.”
Anthony Robbins


Di salah satu perusahaan tempat saya bekerja, pernah ada 3 karyawan yang sakit berat dan dirawat di rumah sakit. Karyawan tersebut menderita penyakit yang membutuhkan biaya tinggi seperti jantung dan kanker. Perawatan masing-masing karyawan mencapai ratusan juta bahkan salah satu di antaranya mencapai hampir 1 milyar. Sisi positifnya,  biaya tersebut ditanggung oleh asuransi perusahaan walaupun melebihi plafon kesehatannya, perusahaan memberikan kebijakan menanggung selisihnya.

Namun ada kasus lain, karyawan kontrak mengalami sakit dengan biaya tinggi mencapai 200 juta. Perusahaan hanya sanggup memberikan support puluhan juta ditambah dengan sumbangan para karyawan sehingga tidak mencukupi untuk biaya pengobatan karyawan tersebut. Pada masa sekarang memang biaya pengobatan menjadi sangat mahal apalagi seseorang menderita penyakit seperti stroke, jantung atau kanker.

Tidak banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas pengobatan atau asuransi kesehatan tanpa batas. Umumnya perusahaan menyediakan fasilitas dengan batas plafon tertentu sehingga apabila karyawan menderita sakit yang membutuhkan biaya tinggi akan menanggung kekurangan biaya pengobatan yang dapat ditanggung perusahaan. Seringkali untuk biaya rawat jalan saja, karyawan harus menanggung kelebihan biaya pengobatan terutama mereka yang sudah berkeluarga karena melewati plafon yang tersedia.
Belum lagi apabila karyawan sering sakit akan mempengaruhi prestasi kerja dan berdampak pada kenaikan gaji. Dengan demikian untuk menjadi pribadi yang sukses (personal success), tidak dapat ditawar lagi setiap karyawan perlu memiliki kesehatan yang baik, baik untuk mencapai sukses dan berprestasi. Hal yang sama juga berlaku pengusaha (business owners), investor maupun untuk mereka yang bekerja mandiri (self employee) seperti dokter, pengacara, konsultan dan lain-lain.

Berbeda dengan saat sakit yang membutuhkan biaya tinggi, untuk sehat Anda tidak memerlukan biaya yang tinggi. Anda hanya perlu disiplin untuk melakukan pengelolaan kesehatan Anda. Berikut tip-tip yang perlu Anda lakukan dengan biaya murah tentunya, untuk mendapat kesehatan yang prima :


  1. Konsumsi makanan alami yang menyehatkan dengan jumlah yang cukup, bukan berlebihan.
  2. Perbanyak minum air putih.
  3. Konsumsi buah-buahan terutama yang mengandung anti oksidan alami seperti jeruk, semangka, sirsak dan lain-lain.
  4. Hindari mengkonsumsi hal-hal yang merusak kesehatan seperti merokok, alkohol, narkoba dan lain-lain.
  5. Jadikan olah raga sebagai kebiasaan bahkan cukup olah raga sederhana seperti jalan / lari pagi, senam, berenang dan lain-lain.
  6. Beristirahat dengan cukup baik kuantitas maupun kualitas istirahat untuk tubuh dan pikiran.
  7. Jangan lupa bernapas !

Untuk nomor 1 sampai 5 tentu hal yang Anda pahami maksudnya. Saya ingin menekankan pada nomor 6 dan terutama nomor 7 ( memangnya ada yang lupa bernapas ya hehehehe? ). Untuk istirahat pikiran Anda bisa melakukannya pada waktu menonton film kesukaan Anda, mendengar lagu-lagu kesayangan Anda, berwisata dan lain-lain. Namun Anda tidak dapat  melakukan cara ini setiap hari bukan ?

Cara yang paling efektif untuk mengistirahatkan pikiran adalah pada saat tidur, karena dilakukan setiap hari. Namun tidak selamanya tidur itu berarti istirahat tubuh sekaligus istirahat pikiran. Masih banyak orang yang beristirahat hanyalah tubuhnya pada saat tidur. Orang-orang yang memiliki persoalan, pekerjaan, atau beban pikiran lain yang belum selesai,  pikirannya akan bekerja pada saat tubuhnya tidur.

Apabila pikiran masih bekerja pada saat tidur maka akan menurunkan kualitas istirahat pikiran. Anda mungkin pernah mengalami tidur yang cukup namun bangun dalam kondisi lelah. Mungkin juga gelisah pada saat tidur. Orang-orang yang mengigau bahkan berjalan dalam kondisi tidur adalah orang-orang yang pikirannya masih bekerja sementara tubuhnya tidur.

Kalau begitu, bagaimana caranya agar Anda dapat mengistirahatkan pikiran dan tubuh pada saat tidur ? Anda cukup melakukan hal yang sederhana yaitu berbicaralah pada pikiran sekaligus tubuh Anda beberapa saat menjelang tidur. Betul ! Sama seperti yang dibahas pada bagian Berkomunikasi Dengan Diri Sendiri.

Berbicara tetapi jangan memerintah !  Katakanlah dengan terlebih dahulu menyampaikan terima kasih seperti contoh berikut “ Tubuh dan pikiranku, terima kasih ya telah bersama-sama melakukan banyak hal sepanjang hari ini. Besok kita akan melakukan karya-karya terbaik lagi sehingga membutuhkan kondisi tubuh sehat dan pikiran yang damai. Malam ini marilah kita, tubuh dan pikiranku beristirahat dengan baik sehingga besok kita bangun dengan kondisi tubuh yang sehat serta pikiran yang damai.  “

Anda dapat melakukannya dengan cara Anda sendiri. Anda yang terbiasa berkomunikasi dengan tubuh dan pikiran akan mendapatkan kerja sama dan support yang baik dari keduanya. Biasakanlah hal ini setiap malam untuk mendapatkan manfaat karena Anda memberikan perhatian yang baik terhadap tubuh dan pikiran Anda.

sumber : bagian Sukses 15 dari buku "YOU ARE THE REAL PERSONAL SUCCESS"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar