Minggu, 15 Agustus 2010

Tips Turunkan Berat Badan Mudah Dengan “Self Talk”

Salah satu keunikan manusia adalah terkait dengan berat badan. Yang kurus pengen gemukin badannya, yang gendut berusaha kurusin badannya. Saya sendiri dari kecil sampai umur 20-an termasuk yang berbadan kurus. Seingat saya sampai lulus SMA dengan tinggi 170 berat saya hanya 48 kg. Kayak bambu lagi jalan katanya kalau saya lewat hehehe.


Demi menaikkan berat badan, saya melakukan macam-macam cara yang berhubungan dengan makan dan minum. Mulai makan yang banyak dengan porsi abang becak (mudah-mudahan abangnya ga baca dan tersinggung hehehe) sampai minum susu setiap hari (bukan susu nona liar sih hahaha becanda ya).

Usaha yang akhirnya membuahkan hasil dan setelah sekian lama sampai tahun lalu berat badan saya 84 kg. Dengan berat segitu malah menjadi gendut alias overweight. Ada beberapa alasan akhirnya memutuskan untuk turunkan berat badan sampai berat ideal. Berikut ini kisahnya :

  • Sebagai jomblo high quality hehehe dengan berat dan bentuk badan ideal dapat menjadi andalan bila ingin ikut acara Take Him Out.
  • Rencana untuk menjadi fasilitator training membutuhkan kondisi yang prima dan kuat berdiri selama training.
  • Nge-test ‘jimat’ alias praktek ilmu NLP yang dipelajari untuk turunkan berat badan sendiri.
  • Terprovokasi beberapa sahabat yang meminta dan menjalani program turunkan berat badan.

Atas permintaan beberapa sahabat yang belum sempat bertemu saya untuk mengikuti program turunkan berat badan, saya membuatnya dalam bentuk artikel. Dan artikel ini adalah sharing dari praktek program turunkan berat badan saya dan beberapa sahabat yang sudah mengikutinya. Saya sendiri menjalannya dari Januari 2010 dengan berat 84 kg dan berhasil turun menjadi 72 kg. Berat tersebut stabil sampai saat ini.

Banyak orang turunkan berat badan menggunakan banyak cara yang membutuhkan usaha, proses dan biaya relative besar seperti program diet, obat, akupuntur dan lain-lain. Sahabat pembaca juga bisa melakukan dengan konsep sahabat saya yang membuat program khusus HypnoLangsing, Master Juli Triharto baik secara langsung maupun melalui bukunya, HypnoLangsing yang diterbitkan oleh Gramedia.

Anda juga terus dapat mengikuti program dari saya yang menawarkan cara praktis dan mudah, tanpa perlu “memaksakan diri” untuk menahan diri dari makanan atau minuman. Dengan cara ini membutuhkan komunikasi (self-talk) yang baik dalam diri Anda. Untuk sahabat pembaca yang belum mengetahui tentang self-talk dapat membacanya di buku saya, You are the Real Personal Success.

Saya berasumsi Anda telah terbiasa melakukan self-talk dan telah terjalin komunikasi yang baik dalam diri Anda. Berikut ini adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan Anda :

  1. Timbang berat badan Anda saat ini dan tentukan berat badan yang Anda inginkan.
  2. Tuliskan berat badan yang Anda inginkan, kapan dan tujuan apa Anda menurunkan berat badan tersebut. Tulis dalam kertas/kartu ukuran kartu nama dan taruh di tempat yang dapat, Anda baca setiap minggu sekali; misalnya di dompet.
Contoh : “Saya menurunkan berat badan menjadi “xx” kg pada “bln/thn” dengan tujuan memiliki penampilan yang lebih menarik, lebih sehat dan mudah bergerak.”
  1. Lakukan self-talk penurunan berat badan dalam kondisi relaks seperti pada waktu menjelang tidur atau bangun tidur.
a. Terkait dengan berat badan
Contoh “ Bagian tubuh atau pikiranku yang mengatur berat badan, terima kasih untuk support yang kamu lakukan selama ini. Saya menurunkan berat badan menjadi “xx” kg pada “bln/thn” dengan tujuan memiliki penampilan yang lebih menarik, lebih sehat dan mudah bergerak. Sejak sekarang jalankan program ini dengan cara yang tepat dan nyaman untuk capai berat “xx” kg. ”
b. Terkait dengan makan dan minuman
Contoh “ Bagian tubuh atau pikiranku yang mengelola konsumi makanan dan minuman, terima kasih atas support yang baik selama ini, mulai sekarang harap support bagian tubuh atau pikiran yang menjalankan program penurunan berat badan. Konsumsilah makanan dan minuman yang mendukung program tersebut. “
  1. Visualisasi diri Anda pada saat badan dengan berat ideal / sesuai keinginan. Berikan gambaran yang jelas, apa saja yang Anda dengar atau katakan dan apa perasaan Anda saat Anda mencapai berat ideal tersebut.

Untuk point 3 dan 4 lakukan seminggu 2 (dua) kali. Lakukan self-talk atau percakapan yang nyaman sesuai yang biasa, Anda lakukan. Peka dan dengarkan informasi yang disampaikan tubuh atau pikiran Anda sejak Anda memulai program turunkan berat badan.

Selamat turunkan berat badan Anda dengan mudah dan saya tunggu kabar gembira dari Anda secepatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar