Jumat, 19 November 2010

Membaca, membaca dan membaca !

“Suatu benda tidaklah terbuat dari benda lainnya, melainkan terbuat dari pendapat, prasangka, dan informasi.”
Fred Alan Wolf, Ph.D

“Kebaikan adalah bahasa yang dapat membuat yang tulis mendengar dan yang buta membaca.”
Mark Twain

 

Brian Tracy dalam bukunya Change Your Thinking Change Your Life mengatakan agar berpenghasilan lebih banyak, Anda harus belajar lebih banyak. Dan jika uang adalah persoalan Anda karena banyak prioritas lain dalam hidup Anda maka cara belajar paling murah adalah membaca buku. Tentu bila Anda ingin mendapatkan manfaat belajar yang lain, ada baiknya Anda menabung dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang menunjang pencapaian outcome Anda. Anggaplah dana yang Anda keluarkan untuk pelatihan adalah investasi untuk kesuksesan Anda.

Membaca buku dapat menjadi investasi termurah dalam belajar dan meningkatkan kompetensi Anda. Bisa gratis bila Anda meminjamnya dari teman, perpustakaan atau sekedar membaca di toko di pusat pertokoan. Saya melakukannya tahun-tahun awal saya bekerja dan saya benar-benar tidak memiliki dana untuk membeli buku walaupun membutuhkannya waktu itu.

Sepulang bekerja saya sering ke toko buku hanya untuk membaca buku-buku di sana. Walaupun harus berjalan kaki dari terminal ke toko buku dan kembali berjalan pulang dari toko buku ke rumah karena ongkos kendaraan hanya cukup untuk berangkat dan pulang kerja. Tak jarang di toko buku saya harus kucing-kucingan dengan karyawan toko buku karena kelelahan selepas kerja sehingga pada saat membaca buku seringkali saya membaca sambil duduk di lantai. Akibatnya ditegur karena memang tidak diijinkan untuk membaca sambil duduk di lantai.

Namun karena kebutuhan untuk pekerjaan waktu itu, semuanya saya lakukan dan saya mendapatkan manfaat yang banyak. Kompetensi bertambah, wawasan luas dan pekerjaan jadi lancar. Di masa sekarang, saat kondisi keuangan yang baik saya membalasnya dengan menyediakan anggaran buku. Dalam dua tahun terakhir, saya rata-rata membeli 200-an  buku baru per tahun.

Menurut Brian Tracy, jika Anda membaca satu jam saja dalam sehari, kira-kira dalam seminggu Anda akan dapat membaca satu buku. Satu buku dalam seminggu berarti kira-kira 50 buku dalam setahun. Lima puluh buku dalam setahun kira-kira 500 buku dalam 10 tahun ke depan. Paling sedikit Anda harus memiliki sebuah rumah yang lebih besar untuk dapat menampung semua buku itu. Namun, pada saat itu, kemungkinan Anda sudah akan mampu memiliki rumah yang sebesar itu.

Motivator lain, Anthony Robbins mengatakan  bahwa “kesuksesan meninggalkan petunjuk” dan buku adalah salah satu jejak petunjuk kesuksesan dari penulisnya. Seorang penulis menuliskan buku berdasarkan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki dengan masa sekurang-kurangnya 10 tahun. Itu artinya dengan membaca karyanya, Anda mengikuti jejak yang telah dilaluinya minimal 10 tahun. Nilai pengalaman dan kemampuan 10 tahun melewati keberhasilan yang tinggal Anda ikuti dan menghindari kegagalan yang dialaminya. Hal yang tentu sangat berharga dan bermanfaat!
Membaca dapat dikatakan proses pengembangan diri dengan biaya yang murah. Saya masih sering menemukan orang-orang yang memiliki keinginan membaca tetapi tidak melakukannya karena merasa daya tangkapnya kurang dan lambat dalam membaca buku. Anda telah membaca sampai halaman ini dan masih mengingat tentang keajaiban otak bukan ?

Dengan menyadari betapa luar biasanya kemampuan otak Anda, Anda dapat belajar dari membaca dengan baik dan yakin terhadap kemampuan betapa cepatnya otak Anda memahami suatu bacaan. Peganglah terus kesadaran dan keyakinan bahwa Anda diciptakan dengan otak yang luar biasa sehingga membaca adalah hal yang sederhana namun membawa manfaat yang besar.

Selain itu, Anda dapat menjadi manusia pembelajar dan belajar dari waktu ke waktu sehingga kemampuan Anda pun terus meningkat. Di atas telah saya sampaikan, Anda dapat berinvestasi dalam pelatihan. Mengikuti pelatihan memiliki manfaat yang lain dari membaca. Anda dapat belajar secara langsung dari pelatih Anda dan memperoleh masukan yang Anda butuhkan. Anda dapat mendiskusikan secara langsung hal-hal yang belum jelas.

Saya pernah mendapat keluhan dari beberapa karyawan mengenai atasannya yang berhenti belajar dan tidak menguasai kemampuan komputer untuk hal yang sederhana sekalipun. Berhubung atasan tersebut seorang manajer dan sudah senior maka anak buahnya hanya tunduk bila diperintahkan mengerjakan pekerjaan yang seharusnya ia kerjakan sendiri.

Di pihak lain, saya sering mendapatkan kenyataan banyak tokoh di Indonesia yang  luar biasa dengan kemampuan istimewa masih terus belajar dan mengikuti pelatihan. Tak kurang ada motivator, trainer terkemuka, rektor bahkan banyak juga pebisnis. Mereka benar-benar menunjukkan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” dan keliling dunia Australia, Asia, Eropa atau Amerika untuk terus mengembangkan diri. Sungguh mengagumkan dan tak heran prestasi para tokoh tersebut sungguh istimewa dengan kehidupan yang sukses juga!

sumber : bagian Sukses 13 dari buku "YOU ARE THE REAL PERSONAL SUCCESS"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar