Jumat, 19 November 2010

Tiga Pendekar Penegak Kepercayaan Diri


“Ke mana pun Anda pergi, apa pun cuacanya, selalu bawa terang mentari Anda.”
Anthony J. D’Angelo
“Hal-hal yang baik yang kita tanam pada akhirnya yang akan membangun kita.”
Jim Rohn

 
Saya adalah salah satu pengagum Oprah Winfrey, seorang Afro-Amerika pembawa acara talk show termahal sekaligus wanita terkaya di dunia. Salah satu kekaguman pada diri Oprah Winfrey adalah kepercayaan diri yang luar biasa. Apalagi menyimak latar belakang dirinya yang kurang beruntung sebelumnya, lahir dari ayah seorang mantan serdadu yang kemudian menjadi tukang cukur dan ibu seorang pembantu rumah tangga.

Oprah Winfrey hidup dengan neneknya di lingkungan yang kumuh dan sangat miskin. Di usia 9 tahun mengalami perkosaan oleh saudara sepupu ibunya beserta  teman-temannya. Di usia 13 tahun Oprah hamil dan melahirkan namun bayinya meninggal kemudian. Sungguh luar biasa, seorang wanita dengan pengalaman seperti itu dapat bangkit bahkan sukses dalam hidupnya dengan penuh percaya diri.

Di sekitar kita masih sering kita menemukan orang yang kurang percaya diri. Kekurang percayaan diri ini menghambat kemajuan yang dilakukan seseorang. Untuk menumbuhkan  kepercayaan diri ini adalah membentuk dan melatih 3 pendekar dalam diri Anda. Apabila Anda membentuk dan melatih 3 pendekar ini dengan baik akan menumbuhkan kepercayaan diri yang baik.


Tiga pendekar yang saya maksud berdasarkan uraian Brian Tracy dalam bukunya Change Your Thinking Change Your Life  adalah self-ideal, self-image dan self-esteem. Self-ideal terdiri dari semua harapan, impian, visi dan idaman Anda. Orang yang memiliki self-ideal yang baik akan membentuk kepercayaan diri yang baik pula. Orang yang tahu siapa diri mereka dan apa yang dia yakini serta konsisten dengan nilai ideal yang dianut.

Self-image merupakan bagian yang menunjukkan bagaimana Anda melihat diri Anda dan pendapat Anda tentang diri Anda. Pada bagian ini Anda melihat ke dalam diri Anda dan menentukan bagaimana Anda sebaiknya bertingkah laku. Self-image akan mempengaruhi berbagai emosi, perilaku, sikap dan bagaimana interaksi Anda dengan orang lain. Untuk memiliki kepercayaan diri yang baik, Anda harus menciptakan self-image yang baik pula.

Self-esteem dapat dikatakan ‘inti reaktor’ kepribadian Anda. Self
- esteem adalah seberapa besar Anda mencintai diri Anda. Self-esteem menjadi sumber energi yang menentukan tingkat percaya diri Anda. Semakin Anda mencintai diri Anda akan semakin meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda.

Anda dapat memeriksa self-ideal saat ini, apakah self-ideal sudah sesuai harapan dan kebutuhan Anda ?  Anda dapat mengetahuinya dari dampak self-ideal pada kehidupan Anda. Anda dapat menata ulang self-ideal sehingga membawa dampak yang positif dalam kehidupan Anda. Bingkai ulang harapan, impian, visi dan idaman yang dapat mendorong Anda menuju kehidupan yang lebih baik sekaligus meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Hal yang sama juga terhadap self-image yang ada selama ini, Anda menilai kembali apakah self-image tersebut sudah baik menunjang kegiatan Anda sehari-hari ? Anda dapat memodel tokoh yang Anda kagumi dalam membentuk self-image yang baru. Bagaimana self-image tokoh tercermin dalam perilakunya yang baik dapat menjadi model Anda. 


Apakah juga Anda mencintai diri Anda dengan takaran yang tepat, perlu Anda evaluasi kembali ? Takaran yang kurang akan berpengaruh pada rendahnya kepercayaan diri, sebaliknya takaran yang berlebih dapat menimbulkan kepercayaan diri yang berlebihan (over confident). Orang bijak mengatakan cintailah dirimu seperti Anda mencintai orang lain.

Anda dapat menfokuskan diri untuk menerima dan mencintai diri Anda sesuai self-ideal, self-image dan self-esteem  yang bermanfaat. Setelah itu Anda perlu  menambahkan kemampuan diri Anda dan mengembangkan diri melalui pembelajaran  secara terus menerus. Dengan demikian kepercayaan diri Anda akan terus menerus tumbuh dan berkembang seiring dengan tumbuh dan berkembangnya self-ideal, self-image dan self-esteem Anda

sumber : bagian Sukses 14 dari buku "YOU ARE THE REAL PERSONAL SUCCESS"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar