Sabtu, 06 November 2010

Representational System : Gerbang Akses Dunia

“Ketika sebuah pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun kita terlalu sering  melihat ke arah pintu yang tertutup itu, sehingga kita tidak melihat pintu yang terbuka bagi kita.”
Alexander Graham Bell
“Penemuan sejati bukanlah mencari lahan baru, tetapi melihat dengan cara pandang yang baru.”
Robert Schuller


 
Manusia merepresentasikan dunia luar ke dalam diri melalui panca indera yaitu Visual (penglihatan), Auditory (pendengaran), Kinesthetic (perabaan), Olfactory (penciuman), Gustatory (pengecapan).

RH Wiwoho pelopor NLP di Indonesia, dalam bukunya NLP in ACTION menulis kelima  system representasi di atas dimiliki oleh semua orang (dalam kondisi ‘normal’), namun setiap orang memiliki kecenderungan untuk mengkhususkan diri pada satu atau dua di antaranya.

System representasi yang sering digunakan disebut sebagai system representasi utama atau system yang disukai (preference system).

Bahasa adalah salah satu cara mendeteksi system representasi yang sedang digunakan seseorang. Kata-kata yang diucapkannya menjadi petunjuk untuk mengenali system representasi seseorang.

Berikut contoh-contoh kata dalam masing-masing representasi :

Visual ( V )                  : pandangan, bercahaya, penglihatan, melukiskan, gambaran, dst.
Auditori ( A )              : gema, memanggil, menyanyikan, keheningan, berbisik dst.
Kinesthetik ( K )         : lembut, empuk, tajam, halus, hangat dst.
Olfactori ( O )             : harum, aroma, menyengat baunya, udara segar dst.
Gustatori ( G )             : manis, tawar, pedas, asam, asin dst.

Secara alamiah, manusia umumnya hanya menggunakan satu atau dua representasi system representasi utama. Jarang sekali yang kelima representasi berkembang secara berimbang. Ada yang hanya representasi visualnya saja, kinestetiknya saja yang berkembang atau representasi visual-auditori saja; kinestetik-visual saja.

Anda sedang mengenali system representasi utama Anda ? Bila system representasi utama Anda adalah salah satu atau kombinasi di antara sistem tersebut, saran saya bagi Anda mulai sekarang mengembangkan setiap sistem representasi kelima-limanya dengan sama baiknya.

Mengembangkan system representasi secara lengkap akan meningkatkan kesadaran (awarenes ) Anda terhadap diri sendiri dan dunia. Kesadaran yang tinggi adalah langkah awal untuk menuju sukses dalam hidup dan gerbang bagi Anda yang mencari pencerahan.

Setiap kegiatan yang Anda lakukan, sadari secara penuh kelima indera yang bekerja dalam diri Anda. Secara bertahap Anda akan mengembangkan kemampuan mengenali sekeliling Anda dengan lebih luas. Kemampuan tersebut akan membantu Anda merespon dan bertindak terhadap dunia dengan lebih tepat.

Dunia di sekeliling kita penuh dengan banyak hal yang diakses bukan hanya dengan representasi tertentu. Hasil representasi Anda terhadap dunia akan membentuk peta realitas dalam pikiran Anda mengenai dunia. Apa yang ada di dalam pikiran Anda tidak selalu sama dengan dunia sebenarnya tergantung kepada peta yang Anda buat. Itulah yang dinamakan peta realitas yang berada di dalam pikiran Anda dan bukan kenyataan sebenarnya.

Mengakses sekeliling Anda dengan system representasi yang lengkap akan memperkaya informasi Anda terhadap dunia. Dengan demikian Anda memiliki peta realitas yang semakin luas dan semakin kaya model dunia yang ada di pikiran Anda. Peta realitas yang luas dan model dunia yang kaya  selanjutnya akan memperkaya pilihan dan mempermudah Anda dalam menjalani kehidupan.

Ayolah, sangat menyenangkan ! Anda bisa memulainya dengan membaca buku ini sambil mendengarkan musik instrumen, merasakan ketenangan duduk di tempat Anda sekarang, menikmati leganya udara yang Anda hirup dan rasa segarnya air putih yang Anda minum tadi.

Mungkin juga bagi Anda lebih nyaman mengembangkan satu persatu representasi system yang kurang berkembang sebelumnya. Misalnya representasi system Anda yang dominan adalah visual sementara yang lainnya kurang dominan. Anda dapat mengembangkan representasi auditori terlebih dahulu dengan sering memberdayakan atau memfokuskan indera pendengaran. Mungkin dengan mendengar radio atau musik lebih sering. Kemudian lanjutkan dengan mengembangkan representasi kinestetik, olfatori dan gustatori.  Setelah itu Anda menggabungkan penggunaan semua representasi system dalam setiap kegiatan Anda. 

sumber : bagian Sukses 6 dari buku "YOU ARE THE REAL PERSONAL SUCCESS"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar